Health

Ancaman Virus Corona di China, Kenali Yuk Apa itu Virus Corona

Pewartasatu.com, Jakarta – Coronavirus termasuk ke dalam keluarga besar virus yang biasanya menginfeksi hewan, namun besar kemungkinan akan dapat menyebar dan meninfeksi manusia.

Penyakit ini menjadi trending awal tahun ini dikarenakan telah menjangkit dan menyebar di wilayah Wuhan, China. Menurut laporan kasus setidaknya ada 59 laporan dengan tujuh (7) penderita dengan kondisi yang serius.

Selain itu, tidak hanya di China saja virus Corona ini sudah mewabah ke beberapa wilayah di Hong Kong, yang dimana sudah ada 30 orang dirawat di RS setelah kembali dari Wulan, China.

Penjabat kesehatan juga telah mengkonfirmasi kasus ini ternyata ditemukan juga di Thailand, Korea Selatan, dan Taiwan.

Dikutip dari CBNC Internsional, Kenali yuk apa itu virus corona yang mengintai.

Banyak sekali orang-orang yang terjangkit virus ini dikarenakan oleh melakukan kontak langsung dengan makanan laut yang dijual di pasaran.

Virus corona ini dapat menyebabkan penyakit sekecil demam, atau dapat seserius MERS dan SARS menurut WHO. Seseorang yang terinfeksi virus ini akan memiliki gejala mirip pneumonia.

Gejala Virus Corona, tanda-tanda umum bisa seperti demam, batuk, sesak napas, dan bahkan akan kesulitan untuk bernapas. Dan untuk kasus yang serius bisa menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal dan lebih mengerikan bisa menyebabkan kematian.

Pencegahan Virus Corona, sampai saat ini WHO belum merekomendasikan pembatasan perdagangan ataupun perjalanan.

Dan sementara itu, untuk menghindari terjangkitnya virus corona lebih banyak lagi. CDC dan WHO menganjurkan untuk orang yang ingin berpergian sebaiknya menghindari kontak dengan hewan, pasar hewan ataupun orang sakit di Wuhan, China.

Untuk pencegahan lanjutan, CDC menginformasikan bahwa dapat dilakukan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air, menghindari menyentuh mata, mulut, ataupun hidung. Serta menjauhkan diri dari orang sakit / terinfeksi.

Masyarakat China dihimbau untuk selalu menggunakan masker untuk melindungi diri dari terinfeksinya virus corona ini.

foto dari pexels

Related posts

Dampak Buruk Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Yang Dibakar

Diana Sari

Manfaat buah nanas untuk kesehatan, Bisa untuk mencegah kanker

Diana Sari

Jangan Dibuang! Ini Manfaat dari Biji Buah Anggur Hingga Baik untuk Fungsi Otak

Diana Sari

Leave a Comment