Health

Beberapa Manfaat Temulawak Yang Baik Untuk Kesehatan

Pewartasatu.com – Temulawak merupakan rempahan yang biasa digunakan untuk berbagai ramuan jamu. Tanaman ini ternyata memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan salah satunya untuk melawan virus, cek selengkapnya!

Dikutip dari doktersehat, berikut beberapa manfaat dari rempahan Temulawak :

  1. Mengobati Kanker

Temulawak dipercaya mengendalikan, mencegah, dan bahkan membunuh berbagai jenis kanker termasuk kanker usus besar dan payudara. Kandungan curcuma pada temulawak dipercaya dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Rimpang terdiri dari berbagai jenis senyawa seperti amylase, phenolase, lemak, starch, mineral, phenol derivatives (curcuminoids), serta minyak atsiri yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh lebih optimal.

  1. Melawan Racun

Temulawak diklasifikasikan sebagai adaptogen, zat tidak berbahaya yang dapat mendorong peningkatan resistensi terhadap racun atau dapat memengaruhi secara fisik, kimia, dan biologis tubuh seseorang.

Khasiat Temulawak yang didapatkan menormalkan jaringan yang mengalami gangguan.

  1. Mencegah DBD

Kandungan minyak atsiri dari Temulawak memiliki manfaat menghambat nyamuk Aedes aegypti untuk mendekat ke tubuh.

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Khasiat selanjutnya yakni paling sering digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Sebuha penelitian mengungkapkan, seseorang yang mengalami kolitis ulseratif menunjukkan kondisi yang semakin membaik setelah rutin mengkonsumsi temulawak.

 

Demikian beberapa manfaat Temulawak yang baik bagi kesehatan, tetap semangat dalam menjalani aktivitas. Ikhtiar dan do’a harus selalu beriringan. Jazakumullahu khairan.

foto dari free pexel

Baca juga : Manfaat Jahe Bagi Kesehatan, Hingga Disebut Dapat Lawan Virus Corona
Baca juga : Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan, Hingga Untuk Stamina Pada Pria
Baca juga : Beberapa Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Related posts

DIUPAYAKAN MENJAGA KESEHATAN TUBUH SEDININYA

ahmad

Siloam Hospitals TB Simatupang (SHTB) berbagi pengetahuan mengenai penanganan terkini stroke dan nyeri kepada para dokter dan para tamu undangan

ahmad

Hadapi New Normal RS Siloam TB Simatupang Tingkatan Pengamanan dan Pelayanan

ahmad

Leave a Comment