Featured Techno

Google Serta Apple Meliris API Guna Melawan Covid-19, Selengkapnya !

Pewartasatu.com – Perusahaan ternama yakni Google dan Apple merilis sebuah sistem yang berfungsi melacak seseorang yang suspect Covid-19 guna memutus penyebaran virus tersebut.

Dikutip dari GSMArena, Google dan Apple telah bergabung dalm usaha untuk memerangi penyebaran virus Corona dengan memperkenalkan lintas-platform API yang juga disebut Pemberitahuan Paparan untuk membantu mempercepat pengembangan aplikasi yang melacak orang yang suspect virus Corona di setiap negara.

API hanya bisa digunakan untuk pengembangan aplikasi bagi otoritas kesehatan publik pemerintah resmi untuk menangani penyebaran virus corona. Selain itu, dalam sistem tersebut tidak ada fitur pelacakan lokasi yang dapat digunakan, hanya Bluetooth yang bisa dimanfaatkan untuk menemukan kontak.

Kenapa harus Bluetooth ? “Karena Bluetooth dapat bekerja di dalam ruangan dan itu cukup untuk mendeteksi jika Anda berada dekat dengan orang yang terinfeksi.

Tidak hanya itu, ada beberapa aplikasi yang telah dirilis di beberapa negara yang bergantung pada layanan ‘lokasi’, Apple dan Google pun mengatakan mereka akan tetap di toko aplikasi mereka tetapi mereka tidak dapat menggunakan API.

Setelah aplikasi tersebut diinstal, akan membutuhkan persetujuan eksplisit pengguna untuk menyiarkan hasil tes positif atau info terkait lainnya. Dan tidak ada info lain yang harus disiarkan untuk menjaga privasi pengguna.

Ngomong-ngomong soal Tes, mereka akan ditandai dengan nomor unik, yang juga akan digunakan oleh pengguna untuk mendaftar ke aplikasi. Selain itu, tes dengan nomor tersebut harus disetujui terlebih dahulu oleh badan pemerintahan resmi. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kepalsuan tes.

Google dan Apple akan bekerja sama serta memastikan aplikasi yang tepat akan muncul di wilayah tersebut ketika pengguna mencarinya.

Catatan : API hanya tersedia bagi pengembang yang ditunjuk oleh pemerintah setempat untuk membuat aplikasi. Apple dan Google akan membuat kode sumber lengkap tersedia untuk para pengembang untuk mempercepat proses.

foto google and apple dari the star atau google search

Baca juga : Google Bertujuan Akan Sumbangkan Masker Lebih dari 2 Juta Untuk CDC
Baca juga : Apple Siapkan 20 Juta Pelindung Wajah Untuk Tenaga Medis
Baca juga : CEO Apple Tim Cook: Sumbangkan Jutaan Masker Kepada Petugas Kesehatan

Related posts

Samsung Hentikan Produksi LCD Pada Akhir Tahun 2020

Diana Sari

Smartphone Terjangkau, Lenovo A7 Hadirkan Chip Unisoc Dengan Baterai Besar

Diana Sari

WhatsApp Hadirkan Dark Mode Untuk Android dan iOS

Redaksi

Leave a Comment