News

Jelang Idul Fitri 1441 H Parsadaan Harahap Jakarta Serahkan Bantuan Tunai kepada Warga Terdampak Covid-19

Penyerahan santunan di Padang Sidimpuan oleh Fakhruddin Harahap (Ist)

 

Pewartasatu.com – JAKARTA – Parsadaan Marga Harahap, Anakboru dohot Morana di Jakarta & Sahumaliangna memberikan santunan berupa bantuan tunai kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 khususnya di wilayah Jabodetabek, Padangsidimpuan dan sekitarnya yang dikemas dalam program “Harahap Berbagi”.

“Walaupun jumlah bantuan dan nilainya tidak seberapa, namun kami berharap ini bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak Covid-19,” kata Ketua Umum Parsadaan Marga Harahap, Anakboru dohot Morana di Jakarta & Sahumaliangna Haris Harahap, Jumat (22/5).

Mengenai besar bantuan tunai yang disalurkan, katanya, adalah sebesar Rp250.000 per paket untuk setiap rumah tangga. “Totalnya sekitar 150 paket.”

Sementara Hapendi Harahap menjelaskan, sesuai hasil diskusi dengan anggota parsadaan, sebagian besar mengusulkan agar memberi bantuan dalam bentuk tunai mengingat sudah banyak parsadaan atau lembaga lain yang menyalurkan bantuan non tunai berupa paket sembako. “Jadi kami pikir ini akan membantu untuk mengatasi kebutuhan yang lain, khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H,” kata Pembina Parsadaan Marga Harahap ini.

Menurut Hapendi, ide penyaluran bantuan ini diprakarsai oleh anggota parsadaan yang merasa risau dengan kondisi perekonomian sebagian besar masyarakat yang terpaksa tidak dapat menjalankan usaha sebagaimana biasanya.

“Banyak usaha yang terpaksa berhenti, khususnya di sektor informal sehingga banyak pula yang kehilangan pekerjaan dan pendapatan. Di sisi lain, kebutuhan hidup tak bisa ditunda-tunda,” papar Hapendi.

Mengenai kriteria penerima bantuan tunai ini, menurut Ketua Parsadaan Harahap, Mora Ondak Harahap, adalah mereka yang bekerja di sektor informal seperti pedagang kaki lima, pengemudi angkutan umum, pengemudi ojol, pembantu rumah tangga, para hafidz, takmir mesjid, ustadz, pembantu rumah tangga, petani, tukang cuci, termasuk mereka yang saat ini tercatat sebagai penanggur tanpa penghasilan.

“Selain kepada mereka yang sudah saya sebut tadi, kami memberikan santunan kepada Rumah Yatim Dalimunte-Harahap Yayasan Dulur Salembur, yang dipimpin oleh Parlindungan Harahap,” ujar Mora Harahap.

Ketua Parsadaan Harahap lainnya, Salman Paris Harahap menjelaskan, pada awalnya bantuan ini dimaksudkan untuk membantu keluarga besar Marga Harahap yang kurang beruntung terutama mereka yang paling menderita akibat terdampak Covid-19 di Jakarta sekitarnya.

“Namun kemudian dari hasil diskusi berkembang untuk tidak terbatas pada komunitas Harahap tapi juga kepada saudara-saudara lain yang membutuhkan. Ya, diantaranya termasuk Mora dan Anakborunya Harahap baik di Jabodetabek maupun di kampung halaman,” Salman menjelaskan.

Menurut Salman, penyerahan bantuan sudah dilakukan secara bertahap sejak Selasa (19/5).

Dalam kesempatan ini, Haris Harahap tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang telah ikhlas mendermakan rejekinya untuk disampaikan kepada saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan. “Tanpa para donatur, ini semua tidak mungkin terlaksana. Oleh karenanya, saya menyampaikan terima kasih tak terhingga kepada semua yang telah memberi bantuan, tanpa menyebut satu-persatu,” paparnya.

Hatobangon Parsadaan Marga Harahap, H. M. Hasian Harahap berharap program ini merupakan awal yang baik untuk melanjutkan program sejenis ke depannya. “Kita semua menginginkan program semacam ini dapat ditindaklanjuti. Tentu kita berharap agar ke depan dapat dilaksanakan dengan lebih baik. Kami mohon maaf, apabila bantuan kali ini belum bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu Pengurus Rumah Yatim Dalimunthe-Harahap Yayasan Dulur Salembur, Parlindungan Harahap menyampaikan terima kasih kepada seluruh donatur saat menerima santunan tersebut. Chair

Related posts

PENGUNDIAN NOMOR URUT CALKADES RAWA KALONG TKA

ahmad

Pemprov DKI Jakarta memperpanjang masa status Tanggap Darurat Bencana Covid-19 hingga 19 April 2020

ahmad

Kolaborasi bersama Pemprov DKI Jakarta, Pemkot Bekasi, dan Pemprov Jawa Barat

ahmad

Leave a Comment