Health

Manfaat Vitamin B12 Bagi Kesehatan, Wajib Tahu!

Pewartasatu – Vitamin B12 dapat dengan mudah ditemukan dalam berbagai jenis makanan seperti ikan, daging, telur, produk olahan dari susu dan kerang-kerangan atau bisa juga mengkonsumsi suplemen B12. Vitamin B12 ini memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk saran takaran lebih baik mengkonsumsi sekitar 2,4 mcg sementara untuk ibu hamil dan menyusui perlu lebih banyak untuk takaran nya.

Simak yuk beberapa manfaat vitamin B12 bagi kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Vitamin B12 memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Vitamin B12 memiliki kegunaan untuk mengurangi kadar homosistein (asam amino) yang terlalu tinggi.

Peningkatan kadar homosistein yang terlampaui tinggi dapat merusak lapisan dinding pembuluh arteri dan mempermudah pembentukan gumpalan darah  yang akan menyumbat paru-paru, otak, dan juga jantung.

2. Mencegah Anemia

Selain untuk kesehatan jantung, vitamin B12 juga memiliki peran untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah sehat. Ini sangat bermanfaat untuk penderita Anemia atau sering kita sebut kekurangan darah yang dapat diketahui dengan gejala seperti lemah, lesu, letih dan kulit pucat.

3. Menjaga Sistem Saraf Sehat

Manfaat yang lainnya yaitu untuk sistem saraf untuk membuat saraf tetap dalam keadaan prima dan sehat sehingga terhindar dari kerusakan.

4. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Tidak hanya untuk tubuh saja melainkan vitamin B12 dapat membantu kesehatan masa kehamilan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa otak janin dan sistem saraf membutuhkan kadar vitamin B12 yang cukup agar bayi dapat berkembang dengan baik.

Kekurangan vitamin B12 pada ibu hamil juga dapat menyebabkan bayi terlahir prematur.

5. Menjaga Kesehatan Usus

Tidak hanya meminum air putih dan mengkonsumsi makanan kaya akan serat, tetapi mengkonsumsi vitamin B12 juga perlu untuk menjaga kesehatan usus.

6. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata

Kekurangan vitamin B12 juga akan berdampak pada kesehatan mata karena terpengaruh nya sistem saraf optik.

Dampak dari kekurangan vitamin B12 yaitu dapat menyebabkan diare, sembelit, kehilangan nafsu makan, dan menyebabkan hilangnya berat badan.

Untuk mendapatkan semua manfaat dari vitamin B12 ini kamu bisa mendapatkannya dari daging sapi, susu, yoghurt, alpukat, pisang, kurma, stroberi, semangka, jambu biji, cherry serta yang lainnya.

Dan untuk pilihan suplemen kamu bisa berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu, mengkonsumsi vitamin sebaiknya sesuai dengan takaran yang diperlukan tubuh sehingga tidak akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan bila dikonsumsi secara berlebih.

Foto oleh Trang Doan dari Pexels

Related posts

Hiraukan Baunya, Rasakan Manfaatnya dari Buah Mengkudu

Diana Sari

Sering Dikira Cuma Hiasan, Ini Manfaat Kesehatan Daun Seledri

Redaksi

Musim Penghujan Menyebabkan Banjir, Kenali Bahaya Genangan Air Bagi Kesehatan

Diana Sari

Leave a Comment