Life Style Travel

Pertimbangkan Beberapa Hal ini Sebelum Memutuskan Wisata Alam Saat Pandemi

Pewartasatu.com, Bogor – Bagi sebagian besar orang yang sudah menjalani karantina mandiri di rumah atau tetap di rumah aja mungkin akan mengalami tingkat kejenuhan yang tinggi. Namun, ada kabar baik untuk kita semua, Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 akan membuka kembali wisata alam di Indonesia secara bertahap.

Wisata alam yang dibuka ialah kawasan wisata bahari, kawasan konservasi perairan, kawasan wisata petualangan, taman nasional, taman wisata alam, taman hutan raya, suaka margasatwa serta geopark.

Selain itu, sudah banyak tempat wisata lainnya yang sudah ikut dibuka yakni kebun raya, kebun binatang, taman safari, dufan dsb. Tempat wisata yang dibuka merupakan dalam kawasan zona hijau atau zona kuning.

Bagi Anda yang ingin melakukan wisata alam, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini, seperti yang dikutip dari CNN Indonesia :

  1. Jangan berwisata dalam keadaan sakit atau baru pulih

Jangan memaksakan diri dalam keadaan kurang sehat atau baru pulih dari sakit. Anda harus bersabar untuk memastikan tubuh Anda siap untuk melakukan perjalanan guna untuk menghindari terinfeksi virus Corona.

  1. Pemula tak perlu memaksakan

Bagi sebagian orang sudah terbiasa melakukan wisata alam seperti mendaki gunung, berenang atau hal lain yang menjadi hobi mereka karena anggapan bahwa alam mempunyai energi yang dapat menyembuhkan.

Tetapi perlu di ingat bahwa bagi Anda yang masih pemula atau belum pernah melakukan hal itu sebelumnya seperti mendaki gunung atau pun diving, lebih baik Anda mengurungkan niat Anda.

Anda bisa memilih wisata alam yang lebih mudah di jangkau atau sesuai dengan kemampuan fisik Anda. Jangan sampai alih-alih ingin mencoba hal baru tetapi malah merepotkan orang lain dan Anda jatuh sakit.

  1. Yang sering wisata alam tidak perlu menyusahkan diri

Ini berlaku bukan untuk pemula saja, melainkan untuk yang sudah sering melakukan aktivitas mendaki atau menyelam atau hal lainnya. Karena otot yang sudah lama keseringan berada di rumah akan mengalami kelelahan yang ekstrem jika Anda melakukan dengan cara yang salah.

  1. Kenakan masker, jaga jarak dan jangan lupa cuci tangan

Mengenakan masker saat berada di luar rumah berfungsi untuk melindungi diri dari terinfeksi virus Corona secara langsung. Jangan lupa mencuci tangan guna menghindari perpindahan virus dari tangan ke wajah, sebisa mungkin hindari krumunan.

  1. Bawa bekal dalam kemasan pakai ulang

Bawalah makanan dan minuman dari rumah masing-masing, karena masih banyak tempat makan yang tutup atau jam operasional yang terbatas serta tidak mengizinkan makan di tempat.

Sebaiknya Anda tidak membuat sampah semakin bertumpuk dengan membawa makanan dan minuman dalam kemasan yang bisa dipakai ulang misalnya tempat bekal, botol minum dan sendok atau garpu yang ada di rumah.

  1. Cari informasi tempat wisata alam

Sebelum Anda melakukan perjalanan menuju ke tempat wisata alam, sebaiknya cari tahu informasi mengenai tujuan tersebut, jangan sampai Anda malah kembali lagi dalam tangan kosong karena tempat tersebut masih tutup.

Baca juga : Pantai Pangandaran Dibuka, Dengan Syarat Tentunya
Baca juga : Wisata Candi Dibuka Kembali Pada Awal Juni
Baca juga : Beberapa Wisata Curug di Sukabumi, Cek Yuk Apa Saja !

Foto : Phinemo

 

Related posts

Diet rendah karbohidrat bukan untuk semua orang

Tyas

5 Kesalahan Ketika Menggunakan Hand Sanitizer Yang Perlu Kamu Tahu

Diana Sari

Hari ini, Festival Jakcloth 2019 hingga bazar pesawat luar angkasa

Tyas

Leave a Comment