Aktual Kesra

5 Kuliner yang Bisa Cegah Maag Kambuh Saat Bulan Puasa

Jakarta, PEWARTASATU.COM – Puasa merupakan ibadah yang wajib dilakukan saat bulan Ramadhan. Selama satu bulan, kita diharuskan untuk berpuasa. Saat sedang berpuasa, bagi orang-orang yang memiliki masalah pada lambung seperti maag hingga asam lambung, kamu harus benar-benar memperhatikan apa yang disantap saat buka puasa dan sahur. Beberapa makanan yang seharusnya dihindari adalah makanan pedas dan bergas. Jika penyakit lambung sedang kambuh, maka perut bisa merasa bergas, begah, sering bersendawa, hingga dada menjadi sesak karena asam lambung yang naik. Penyakit maag ini sebenarnya bisa diatasi dengan mengonsumsi beberapa kuliner ini saat berbuka, yaitu:

1. Jus Seledri
Pertama ada jus seledri. Biasanya seledri memang digunakan dalam campuran sup atau lauk gorengan. Tapi seledri yang kaya manfaat ini ternyata juga bisa mencegah maag kambuh saat puasa. Seledri memiliki khasiat untuk mengembalikan asam klorida, membunuh bakteri, membuang racun, serta menyehatkan hati dan lambung. Konsumsi jus seledri 1 gelas setelah berbuka puasa. Agar tidak terlalu terasa getirnya, tambahkan saja madu di dalamnya.

2 Jus Melon
Tak terlalu suka jus seledri, kamu bisa beralih ke jus melon yang punya rasa lebih manis. Jus melon yang merupakan sumber magnesium dipercaya dapat meredakan asam lambung dan membuat perut lebih nyaman. Saat membuat jus melon, sebaiknya kamu tidak usah menambahkan gula atau susu kental manis karena pada dasarnya buah ini sudah punya cita rasa yang manis. Tapi jka ingin rasa yang lebih manis, gunakan madu untuk menambah rasa manisnya.

3. Wedang Jahe
Jahe memiliki fungsi dapat meredakan iritasi pada saluran pencernaan, mengurangi kemungkinan asam lambung naik hingga ke kerongkongan, serta mengurangi peradangan akibat asam lambung. Wedang jahe ini bisa kamu konsumsi setelah shalat tarawih. Jika bosan dengan wedang jahe yang itu-itu saja, kamu bisa menambahkan irisan lemon atau madu di dalamnya.

4. Oatmeal
Kita beralih ke makanan yang bagus dikonsumsi untuk redakan maag kambuh saat berpuasa. Oatmeal tak hanya dipercaya sebagai makanan yang kaya akan serat sehingga cocok untuk berdiet, tapi juga cocok disantap oleh penderita maag atau asam lambung. Oatmeal juga bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Konsumsi oatmel dengan tambahan kacang-kacangan serta buah-buahan segar agar nutrisinya jadi lebih kaya lagi.

5. Smoothie Alpukat dan Pisang
Terakhir ada smoothie alpukat dan pisang yang bisa mencegah magh kambuh pada saat puasa. Pasalnya alpukat dan pisang ini mengandung lemak baik yang dapat melapisi dinding lambung dan menjaga agar asam lambung tidak naik. Alpukat dan pisang juga kaya akan serat sehingga membuatmu kenyang lebih lama. Sebaiknya santap smoothie alpukat dan pisang saat sahur agar bisa memberikan energi lebih ketika berpuasa.

Sekarang sudah tahu kan apa saja kuliner yang sebaiknya disantap saat berbuka jika memiliki penyakit maag. Semoga dengan menyantap kuliner di atas, kamu bisa tetap berpuasa tanpa takut maag kamu kambuh ya! (Maulina/berbagai sumber kuliner)

Related posts

25 Pejabat Fungsional di Lingkup Kemenparekraf Dilantik

Maulina Lestari

Kemenparekraf Umumkan 100 Finalis Program Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif

Maulina Lestari

Kemenparekraf Gali Potensi Kopi Lokal di Destinasi Wisata NTB

Maulina Lestari

Leave a Comment