Featured MUTIARA RAMADHAN

TIPS Puasa: Tips Bagi Para Istri

Ilustrasi wanita sholeha membawa ketentraman dan kebahagiaan dalam rumah tangga /Pixabay/

JAKARTA. Pewartasatu.com — Da’i dan ahli tafsir Al Quran, jebolan International Islamic University Islamabad, Pakistan (IIUI) Dr Amir Faishol Fath MA, dalam bukunya tentang Tafsir Ayat-ayat Ramadhan memberikan beberapa tip bagi masyarakat untuk menjadi pribadi muslim yang baik dan taat. Berikut tip-tipsnya.

Tips Bagi Para Istri:

Sebagai istri, Anda adalah sahabat bagi suami. Tugas pokok Anda adalah menemami suami dalam segala hal. Menenangkannya saat dia gundah. Menghiburnya saat dia sedih. Memberikan jalan keluar saat dia merasa buntu.

Dulu Khadijah RA telahmenjadi sahabat terbaik bagi Rasulullah SAW. Itu terlihat ketika Rasulullah SAW pertama kali menerima wahyu. Secara psikologis Rasulullah SAW ketika itu gemetar. Khadijah RA segera menghiburnya.

“Sesungguhnya engkau telah menyambung tali silaturrahim, membantu orang lemah, dan sebagainya.”

Lalu Khadijah RA mengajak Rasulullah SAW bertemu dengan Waraqah bin Naufal, sorang pendeta yang sangat mengerti mengenai hal-hal tersebut.

Dari komentar Waraqah, Rasulullah SAW menjadi terhibur dan mendapatkan pencerahan. Beliau merasa optimis, bahwa yang datang kepadanya adalah sebuah kemuliaan, bukan bencana.

Itulah wahjyu yang dengannya Rasulullah SAW dinobatkan sebagai seorang utusan.

Temani selalu suami Anda dalam makan sahur dan berbuka puasa. Ingat bahwa fungsi Anda – sebagaimana ditegaskan Al Quran — adalah “ litaskunuu ilaihaa” (agar menjadi tempat berteduh bagi suami).

Dengan bersungguh-sungguh menemani suami, Anda telah menjadi tempat berteduh baginya. Ingat, bahwa tabiat seorang suami selalu ingin ditemani. Karenanya Allah SWT mengajarkan agar Anda selalu standby di rumah.

Supaya suami sehabis mencari nafkah langsung pulang. Dan ternyata ini benar. Dan memang inilah fitrah.

Pernah diberitakan bahwa sekelompok kaum lelaki di Amerika telah melakukan demo di depan Gedung Putih. Mereka merasa menderita karena kaum istri sering meninggalkan rumah. Mereka menuntut agar kaum istri kembali ke rumah.

Bila Anda wanita karir Anda harus tetap tampil sebagai seorang istri yang baik di depan suami. Lakukan semua tugas Anda dengan seimbang. Hindari pekerjaan yang bertentangan dengan fitrah atau metusak kehormatan Anda.

Pertahankan keutuhan dan keharmonisan rumah tangga Anda. Kesibukan apa pun bukan alas an untuk menghancurkan rumah tangga. Ingat jalan rezeki yang halal masih banyak.

Jangan pernah mengorbankan rumah tangga demi karir. Sekali pun penghasilan Anda – boleh jadi lebih besar dari penghasilan suami — jangan lantas membuat Anda menjadi merasa lebih tinggi, lalu Anda merasa berhak memimpin rumah tangga.

Tidak. Suami tetap pemimpin. Allah SWT telah menetapkan kedudukan ini. Apapun kecerdasan dan kelebihan yang Anda miliki, Anda harus tetap bangun pemahaman ini secara sempurna di rumah.***

Sumber: Tafsir Ayat-Ayat Ramadhan, DR.AMIR FAISHOL FATH, Fath Institut,2017

Leave a Comment