Techno

CEO Reddit Katakan TikTok ‘Parasit’, Ini Penjelasannya

Pewartasatu.com – CEO dan co-founder Reddit Steve Huffman menyebut TikTok ‘Parasit’ karena kekhawatirannya atas privasi selama penampilan di konferensi modal ventura sosial 2030 minggu ini.

Dikutip dari The Verge, Reddit secara spesifik menyebut praktik sidik jari untuk melacak perangkat TikTok sebagai hal yang menjadi perhatian khusus.

“Mungkin saya akan menyesali ini, tetapi saya tidak bisa mencapai tingkat berpikir dengan ‘TikTok’, karena saya melihat aplikasi itu sebagai parasit yang sangat fundamental, yang selalu mendengarkan, tekhnologi sidik jari yang mereka gunakan benar-benar menakutkan, dan saya tidak dapat menginstal aplikasi seperti itu di ponsel saya.”

Sidik jari yang dimaksud Reddit adalah kombinasi pelacakan audio dan browser untuk menentukan pengguna mana yang menonton dan berbagi video di aplikasi dan di web.

Perusahaan induk TikTok, ByteDance mengkalim bahwa teknik sidik jarinya digunakan untuk mengidentifikasi perilaku penelurusan jahat, tetapi Eberl menyingkirkan keraguannya itu karena sius web masih berfungsi dengan baik ketika skrip dinonaktifkan.

“Saya secara aktif memberi tahu orang-orang, ‘Jangan psang spyware itu di ponsel Anda,” lanjut Reddit.

Reddit bukan satu-satunya eksekutif tekhnologi yang khawatir mengenai TikTok. Namun, COO Facebook Sheryl Sanberg berkomentar serupa, ia khawatir tentang aplikasi video pemula di podcast “Byers Market” NBC.

“Mereka tumbuh sangat cepat, dapat mencapai jumlah yang lebih besar dan lebih cepat dari yang pernah kita lakukan,” tutur Sandberg.

Sandberg juga mengangkat masalah keamanan yang sama, mengenai fakta bahwa TikTok merupakan ‘perusahaan Cina, jika orang perduli dengan data mereka, saya pikir akan ada banyak yang perlu dikhawatirkan mengenai hal tersebut”.

Terdengar agak ironis untuk seorang eksekutif Facebook mengenai kekhawatiran masalah privasi pengguna, mengingat masalah baru-baru seperti pelanggaran Cambridge Analytica dan Komisi Perdagangan Federal Senilai 5 miliar dolar atas masalah privasi tahun lalu.

foto Tiktok dari selular.id / google search

Related posts

Facebook Sementara Melarang Iklan Masker Wajah Untuk Mencegah Ekploitasi Virus Corona

Diana Sari

Pabrik Foxconn Kembali Produksi dan Lampaui Ekspetasi

Diana Sari

CES Gelar Acara Offline di Las Vegas Tahun Depan

Diana Sari

Leave a Comment