Featured Health

Dampak Buruk Mengkonsumsi Makanan Berminyak Bagi Kesehatan

Pewartasatu.com, Jakarta – Hampir setiap orang mengkonsumsi makanan yang berminyak secara berlebihan. Tahu kah kamu bahwa mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan tubuh lho, kenali yuk apa saja !

Seperti yang dikutip dari berbagai sumber, berikut dampak buruk yang akan mengintai kesehatan Anda jika mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebihan :

  • Penyakit Jantung dan Stroke

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan berlemak secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Kondisi tersebut merupakan awal terjadinya penyakit jantung dan stroke.

  • Diabetes

Ternyata makanan yang mengandung lemak atau berminyak dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes. Dikarenakan makanan tersebut dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh dan mengganggu pengendalian gula darah (glukosa).

  • Gangguan Pencernaan

Makanan berlemak merupakan jenis nutrisi yang paling lambat dicerna. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya perut kembung, mual, dan sakit perut.

  • Jerawat

Makanan berminyak juga dapat membuat kelenjar minyak di kulit memproduksi lebih banyak minyak. Jadi, jika Anda mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebih maka akan berdampak terhadap masalah kulit yaitu jerawat.

  • Meningkatkan Risko Kanker

Pola makan yang tinggi lemak dan minyak tidak hanya berperan terhadap obesitas dan penyakit jantung, tetapi juga dapat meningkatkan risiko kanker payudara, kanker usus besar, atau kanker paru.

Walaupun sampai saat ini para peneliti masih mengembangkan perihal hubungan mengkonsumsi makanan berminyak dengan risiko kanker. Namun, sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkonsumsi apapun, termasuk makanan yang berminyak ataupun berlemak.

foto : Pexels

Related posts

Samsung Galaxy Note 20 Hanya Dibekali Layar 60Hz ?

Diana Sari

Sering Konsumsi Makanan Manis ? Berikut Dampak Buruk Untuk Kesehatan

Diana Sari

Redmi K30 Pro Terjual Habis Dalam Hitungan Detik Hingga Mencapai US 14 Juta Dolar

Diana Sari

Leave a Comment