Health

Diet Aman Turunkan Asam Urat

JAKARTA, Pewartasatu.com – Sering merasa nyeri di daerah persendian? Awas, mungkin ini pertanda Anda menderita asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian.

Dikutip dari Mayo Clinic, asam urat diproduksi ketika tubuh memecah zat kimia yang disebut purin. Purin terjadi secara alami di dalam tubuh, tetapi juga ditemukan dalam makanan tertentu. Asam urat dikeluarkan dari tubuh melalui urin.

Diet asam urat dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Meskipun demikian diet ini bukanlah obat, melainkan sebagai penurun risiko serangan asam urat berulang dan memperlambat perkembangan kerusakan sendi.

Penderita asam urat yang mengikuti diet asam urat umumnya masih membutuhkan obat untuk mengatasi rasa sakit dan menurunkan kadar asam
urat. Berikut adalah tips diet bagi penderita asam urat

1. Menurunkan berat badan
Kelebihan berat badan meningkatkan risiko terkena asam urat, dan menurunkan berat badan menurunkan risiko asam urat. Penelitian menunjukkan, bahwa mengurangi jumlah kalori dan menurunkan berat badan, bahkan tanpa diet yang membatasi purin, dapat menurunkan kadar asam urat
dan mengurangi risiko serangan asam urat. Menurunkan berat badan juga mengurangi tekanan keseluruhan pada persendian.

2. Karbohidrat kompleks
Makan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian, yang menyediakan karbohidrat kompleks. Hindari makanan dan minuman dengan sirup
jagung fruktosa tinggi dan batasi konsumsi jus buah manis alami. Sebab, kandungan gula pada jus buah manis alami juga tinggi.

3. Air
Agar tetap terhidrasi dengan baik, penderita asam urat perlu banyak minum air putih.

4. Lemak
Kurangi lemak jenuh dari daging merah, unggas berlemak, dan produk susu berlemak tinggi.

5. Protein
Pengidap asam urat disarankan untuk mengonsumsi daging tanpa lemak dan unggas, susu rendah lemak, dan lentil sebagai sumber protein.

Leave a Comment