Ekonomi Nasional News

Indonesia Pasti Alami Resesi Ekonomi

JAKARTA, PEWARTASATU.COM — Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara memprediksi, perekonomian Indonesia masih akan minus pada kuartal-III nanti, namun kontraksinya diperkirakan tidak sedalam kuartal-II.

Indonesia akan mengalami masa resesi seperti negara-negara lain di dunia dikarenakan mengalami pertumbuhan ekonomi yang negatif, selama dua kuartal berturut-turut.

“Kalau di kuartal-II minus 5,3, kalau di kuartal-III ini akan lebih kecil kontraksinya, dibandingkan kuartal-II. Angka pastinya nanti dari Badan Pusat Statistik (BPS),” ungkap Suahasil.

Meski terkontraksi, ia mengklaim bahwa kondisi perekonomian Indonesia masih lebih baik dibandingkan dengan kondisi di negara-negara lain. Selain itu, berbagai tanda perbaikan perekonomian Indonesia sudah mulai terlihat.

“Setelah kuartal-II ada proses penguatan di Agustus dan di September ini dan beberapa geliat perekonomian domestik. Ada PMI (purchasing managers index) sudah mulai dilihat pada bulan Agustus PMI Indonesia 50,8, sebelumnya di bulan Juli 46,9, ini merupakan indikasi yang baik,” katanya.

Pemerintah cukup optimistis perekonomian Indonesia akan tumbuh hingga lima persen pada tahun depan, sesuai dengan asumsi makro dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021. (opa)

Related posts

Universitas Perwira Purbalingga Awali Perkuliahan Pekan Depan*

ahmad

JK Imbau Umat Islam Bayar Zakat Lebih Awal

ahmad

LIRA-AGRA SEPAKAT SERUKAN HENTIKAN SEGALA BENTUK PROVOKASI PERMUSUHAN INDONESIA – MALAYSIA

ahmad

Leave a Comment