Featured Gaya Hidup Health

Jangan Abaikan Biduran Bisa Menyebabkan Komplikasi !

Pewartasatu, HEALTH – Biduran ialah kondisi di mana timbul bentol kecil di permukaan kulit pada kondisi tertentu yang disertai rasa gatal dalam jangka waktu tertentu.

Biduran dapat muncul secara tiba-tiba atau disebabkan oleh kondisi tertentu, misalnya paparan udara dingin. Biduran sendiri biasanya dianggap remeh karena yang hanya timbul ketika alergi atau terpapar udara dingin.

Tetapi jika tidak ditangani secara tepat akan menimbulkan beberapa kompilkasi lho.

Seperti yang dilansir dari Halodoc, biduran bisa muncul di seluruh bagian tubuh termasuk wajah, bibir, lidah dan telinga. Biduran sendiri termasuk salah satu alergi yang dapat hilang dengan sendirinya.

Namun, jika dalam kondisi yang parah mungkin harus ditangani dengan mengkonsumsi obat antialergi.

Jika tidak ditangani dengan tepat, biduran dapat mengganggu aktivitas dan munculnya beberapa komplikasi diantaranya :

  1. Angioedema

Biduran yang tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan munculnya komplikasi yang disebut Angioedema. Angioedema yaitu pembengkakan pada kulit. Biasanya terjadi pada area kelopak mata, bibir, tangan, kaki dan sekitar alat kelamin dikarenakan adanya penumpukan cairan tubuh.

  1. Anafilaksis

Anafilaksis yaitu kondisi dimana seseorang mengalami tingakatan yang sangat parah, kondisi ini muncul secara tiba-tiba dan berakibat fatal.

Ketika muncul tanda-tanda biduran pada kulit segeralah melakukan perawatan seperti menjaga kebersihan kulit, mengompres area tubuh yang terdapat biduran dan mengenakan pakaian yang nyaman.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memilih lotion khusus yang kamu bisa aplikasikan ke area kulit yang terkena biduran. Pilihlah lotion yang mengandung Calamine. Tetapi untuk kondisi yang parah harus segera periksa ke dokter untuk dapat penanganan yang lebih lanjut dengan mengkonsumsi obat alergi sesuai petunjuk dokter.

foto illustrasi biduran dari orami parenting atau google search

Baca juga : 5 Masalah Lidah Ini Dapat Menungkap Kondisi Kesehatan Kamu
Baca juga : Jangan Tergiur Murah Kenali Tanda dan Ciri-ciri Telur Infertil
Baca juga : Seringnya Berpikir Negatif Bisa Tingkatkan Risiko Demensia

Related posts

Berikut Cara Menggunakan Fitur Animated Sticker Baru di WhastApp

Diana Sari

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy M01, Berikut Selengkapnya !

Diana Sari

Vivo X50 Pro Resmi Meluncur, Spesifikasinya !

Diana Sari

Leave a Comment