Health

Jangan Dibuang! Ini Manfaat dari Biji Buah Anggur Hingga Baik untuk Fungsi Otak

Pewartasatu.com – Mungkin dari beberapa orang mengkonsumi buah anggur dengan membuang biji maupun kulitnya, tetapi ternyata biji anggur sangat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan.

Anggur memiliki antioksidan seperti asam fenolik, flavonoid, dan oligomeric proanthocyanidin complexes (OPC) yang baik untuk kecantikan. Sayang banget kan kalau biji anggur ini dibuang sia-sia, simak yuk beberapa manfaat biji anggur dibawah ini:

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Asam polifenol, flavonoid, dan oligomeric proanthocyanidin complexes dalam biji anggur. Senyawa antioksidan ini sangat baik untuk jantung contohnya flavonoid membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan OPC untuk menurunkan tekanan darah.

Kandungan tannin pada biji anggur dapat memperkuat dinding pembuluh darah.

  • Untuk Kesehatan Tulang

Kandungan flavonoid pada anggur berfungsi untuk meningkatkan sintesis kolagen dan pembentukan tulang. Senyawa flavonoid juga meningkatkan kolagen (protein) yang menyusun tulang, otot, kulit, rambut, dan berbagai jaringan lain yang menyusun tubuh.

  • Mengcegah kanker

Studi laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur terbukti dapat meningkatkan efek kemoterapi tanpa memberikan efek negatif pengobatan serta menghambat kanker pada sel-sel tubuh.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan proanthocyanidin pada ekstrak biji anggur ternyata berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dengan mengoleskan ekstrak biji anggur ke pemukaan kulit yang terluka.

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Penelitian menunjukkan bahwa biji anggur berpotensi menghambat penyakit degeneratif dan penurunan kognitif antioksidan serta antiperadangan, ini dapat meningkatkan konsentrasi, memori, referensi, dan suasana hati.

  • Menjaga Paru-paru

Dalam biji anggur mengandung antibakteri dan antihistamin yang dapat melawan alergi, dan mengurangi risiko flue dan masuk angin serta memperkuat dan melindungi paru-paru.

Nah setelah ini jangan dibuang lagi yah bijinya, dimanfaatkan lebih baik lagi untuk kesehatan tubuhmu.

foto dari grid.id/google/biji anggur/hallosehat

Related posts

Hadapi New Normal RS Siloam TB Simatupang Tingkatan Pengamanan dan Pelayanan

ahmad

MANFAAT MINUM MINYAK ZAITUN TIAP HARI SAAT PERUT KOSONG

ahmad

Sering Makan Tengah Malam ? Inilah Bahaya Yang Akan Mengintai Kesehatan

Diana Sari

Leave a Comment