Kandungan Gizi yang Bisa Meningkatkan Kesuburan

Pewartasatu – Jakarta, Meningkatkan peluang kehamilan mesti didukung dengan konsumsi makanan yang menunjang kesuburan. Konsumsilah makanan-makanan dengan kandungan yang dapat meningkatkan kesuburan.

“Komposisi jenis makanan yang baik dapat memperbaiki meningkatkan kualitas sel telur dan sperma,” kata dokter spesialis gisi klinik Marya Haryono, dalam konferensi pers online IVF Morula, beberapa waktu lalu.

Berikut makanan yang dapat meningkatkan kesuburan.

1. Gizi seimbang
Marya menyarankan keluarga yang merencanakan kehamilan harus mengonsumsi gizi seimbang. Konsumsilah makanan sesuai dengan porsinya meliputi karbohidrat, protein, lemak tidak jenuh, dan serat.

Menurut Marya, saat mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang maka tubuh berada dalam kesehatan yang optimal sehingga dapat meningkatkan kesuburan dan memperbesar peluang kehamilan.

Gizi seimbang. Foto: ilustrasi

2. Antioksidan
Konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan baik untuk mengurangi peradangan dan metabolisme sehingga meningkatkan kesuburan.

Antioksidan dapat mengurangi radikal bebas dan memacu hormon penunjang kesuburan. Molekul ini banyak terkandung dalam sayur dan buah-buahan segar.

Antioksidan. Foto: ilustrasi

3. Mikronutrien
Selain nutrisi besar, mikronutrien juga dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkat kesuburan dan melindungi kehamilan.

Mikronutrien. Foto: ilustrasi

“Konsumsi asam folat, zinc, zat besi, vitamin E, vitamin B, dan selenium,” kata Marya yang praktik di RSU Bunda Jakarta.

Selain nutrisi yang harus dipenuhi, hindari pula konsumsi sejumlah makanan yang dapat mengurangi kesuburan seperti lemak jenuh dan lemak trans, karbohidrat simpel, kafein yang berlebihan, rokok, dan alkohol

 

Sumber : CNN Indonesia

Redaksi: