Gaya Hidup Health

Kenali Manfaat Sayur Sawi Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Jakarta, Pewartasatu.com – Sayur sawi hijau atau yang disebut caisim banyak sekali dijumpai di hidangan mie ayam maupun bakso. Caisim memiliki bentuk daun yang lebih lebar dengan batang yang kecil.

Caisim mengandung beberapa nutrisi penting seperti Makronutrien yang terdiri dari, energi, protein, lemak, karbohidrat, dan serat. Serta kandungan Mineral seperti kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng.

Kandungan vitamin dan antioksidan yakni, beta-karoten, total karoten, thiamin (vit-B1), vit B2, niasin, dan vitamin C.

Nah berikut beberapa manfaat sayuran sawi hijau atau caisim yang baik untuk kesehatan tubuh seperti yang dikutip dari berbagai sumber :

1. Meningkatkan Imunitas

Sawi hijau memiliki senyawa indole, yang ketika dikonsumsi, senyawa tersebut dianggap dapat memperkuat respons tubuh terhadap serangan patogen. Yang berarti bahwa tubuh akan menjadi lebih kuat untuk melawan virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit..

Tidak hanya itu, beberapa tanaman jenis kubis-kubisan juga mengandung senyawa isotiosianat dan sulforafana yang memiliki sifat antikanker.

Senyawa tersebut dapat menurunkan kadar stres oksidatif, mencegah pertumbuhan sel abnormal (tumor).

2. Mencegah Diabetes

Dalam sebuah penelitian melakukan pengamatan selama 10 minggu dengan subjek tikus yang mengalami obesitas karena diabetes. Dalam penelitian tersebut, tikus diberikan makanan sayuran caisim atau sawi hijau selama 28 hari, hasilnya menunjukkan adanya perbaikan berat badan dengan memperhatikan makanan lain yang dikonsumsi.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan beta karoten dan glucosinolate mampu mencegah faktor yang mempengaruhi pada sindrom metabolisme. Caisim dapat mengurangi dan mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Mencegah Asma

Dalam penelitian, mengungkapkan bahwa manfaat caisim atau sawi hijau ini dapat mencegah gangguan metabolisme seperti asma ataupun penyakit alzheimer.

Kandungan asam sinamat, menunjukkan adanya anti peradangan dan perlindungan sel pada otak yang mencegah kerusakan sel maupun disfungsi kognitif.

5. Mencegah kanker dan Peradangan

Sayuran sawi hijau memiliki kandungan glucosinolates yang berfungsi sebagai efek chemoprotetive, yang dapat melawan gejala pada kanker tertentu.

6. Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam sawi hijau ini berfungsi untuk membantu produksi kolagen yang berperan untuk kulit sehat dan kencang. Vitamin C merupakan nutrisi penting yang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh matahari, polusi, dan asap.

7. Baik Untuk Mata

Sawi hijau memiliki kandungan beta karoten, selenium, vitamin K, dan vitamin C yang berguna untuk kesehatan mata.

Konsumsi sesuai dengan kebutuhan, konsultasi ke dokter apabila terjadi masalah atau alergi terhadap makanan tertentu. Salam sehat.


Baca juga : Beberapa Makanan Yang Mengandung Tinggi Serat, Simak Disini !
Baca juga : Tak Disangka Ternyata Mengkonsumsi Es Krim Baik Untuk Kesehatan Tubuh !
Baca juga : Deretan Makanan Untuk Kesehatan Otak Hingga Bisa Mencegah Berbagai Penyakit
foto : dream.co.id|Google

Related posts

Shinshe Yongky adalah seorang Apoteker dan Ahli Pengobatan Tradisional Herbal dan Akupunktur yang terkenal

ahmad

Ini 7 Cara Cepat ‘Move On’ dari Mantan

Redaksi

Beberapa Aturan Pernikahan Saat ‘New Normal’ Yang Harus Kamu Tahu

Diana Sari

Leave a Comment