Featured Gadget

Kerjasama Disdukcapil Dan GoJek, Ambil E-KTP Cukup Pakai GoSend Di Jakarta

JAKARTA, Pewartasatu.com — Usai kerja sama dengan GoJek, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta bisa mengirim dokumen kependudukan yang sudah selesai prosenya lewat GoSend langsung ke alamat terkait.

Lewat Kerjasama itu, GoSend akan tertera Akses Langsung Pelayanan DokUmen Kependudukan CepAt dan AkuraT (ALPUKAT Betawi) milik Disdukcapil DKI.

Kepala Dinas Kependududkan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta Budi Awaludi mengatakan bahwa kerjama ini bertujuan untu memudahkan masyarakat Jakarta dalam mengurus dokumen kependudukan. Lewar GoSend, Masyarakat Jakarta tidak perlu lagi datang langsung ke loket pelayanan untuk mengambil dokumen mereka.

“Adanya layanan ini memanjakan masyarakat (karena) tidak perlu lagi datang ke loket pelayanan kita. Mereka cukup mengambilnya dengan GoSend,” kata Budi dalam jumpa pers virtual, dikutip dari¬†CNN Indonesia Kamis (12/5).

Lewat ALPUKAT Betawi penduduk DKI Jakarta dapat mengajukan permohonan, penjadwalan dan memonitor layanan yang diajukan, beberapa layanan lain juga hadir seperti percetakan KTP elektronik, akta kelahiran, akta kematian, percetakan KIA dan permohonan pindah. Menurut Budi saat ini ada sekitar 675 ribu penduduk sudah menggunakan Alpukat Betawi.

Untuk faktor keamanan dokumen, Mufizar mengatakan para pengguna layanan GoSend jangan khawatie karena ada fitur live tracking dalam layananya dimana para pengguna bisa memonitoring langsung dokumen tersebut.

Budi juga mengatakan Disdukcapil juga tetap menerapkan tiga prosedur agar dokumen tetap selamat sampai tujuan.

“Pertama, nomor registrasi driver akan tercatat dalam sistem dukcapil untuk diawasi. Kedua, dokumen dikirim menggunakan amplop bersegel. Ketiga, petugas disdukcapil akan mencocokkan nomor dokumen dan nomor pengiriman untuk validasi,” katanya.¬†(**)

Leave a Comment