Health

Manfaat Kafein dan Efek Sampingnya

JAKRTA, Pewatasatu.com – Secangkir kopi di pagi hari biasanya sudah jadi rutinitas untuk mengawali hari. Ternyata hal ini berkaitan dengan kandungan kafein pada kopi yang bisa membuat kita lebih melek.

Healthline menjelaskan bahwa kafein bekerja dengan cara memblokir efek adenosin yang akan membuat tubuh terasa lebih lelah.

Dengan begitu, konsumsi kafein bisa membuat tubuh terasa lebih segar dan tidak mengantuk. Kapan batas waktu minum kopi dalam satu hari, dan berapa jumlah kafein yang sebaiknya dikonsumsi maksimal per harinya?

Meskipun konsumsi kafein sangat berguna untuk menghindarkan kantuk, banyak juga efek negatif yang akan ditimbulkan. Kalau begitu, apakah kafein baik untuk kesehatan? Berikut faktanya.

Manfaat kafein untuk kesehatan
Ternyata tidak hanya kopi saja yang mengandung kafein karena menurut WebMD, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein.

Beberapa di antaranya adalah teh, soda, minuman berenergi, dan makanan atau minuman yang mengandung coklat.

Meskipun sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, konsumsi kafein ternyata bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Healthline menyebutkan beberapa manfaat kafein untuk kesehatan, seperti:

Meningkatkan suasana hati dan fungsi otak karena kemampuan kafein untuk menghentikan molekul adenosine, serta meningkatkan kinerja dopamin dan norepinefrin. Meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak karena kerja kafein yang menstimulasi sistem saraf pusat.

Meningkatkan performa ketika berolahraga karena kafein akan membakar lemak sebagai energi sehingga meningkatkan kontraksi otot dan mengurangi rasa lelah.

Memiliki kemungkinan untuk bisa melindungi dari penyakit jantung dan diabetes pada beberapa orang, Mengurangi risiko kerusakan hati atau sirosis dengan memperlambat perkembangan penyakit, meningkatkan respon terhadap pengobatan, dan mengurangi risiko kematian dini.

Mengurangi risiko kanker ketika mengonsumsi kafein sebanyak 2 hingga 4 cangkir setiap hari. Melindungi kulit dari kanker kulit jika kosumsi jumlah kafein setidaknya adalah 4 cangkir setiap hari

Mengurangi risiko penyakit multiple sclerosis atau sklerosis ganda meskipun ada beberapa penelitian yang tidak setuju dengan manfaat ini. Mencegah asam urat sebesar 40 persen pada laki-laki dan sebesar 57 persen pada perempuan jika mengonsumsi setidaknya 4 cangkir per hari.

Mendukung kesehatan usus karena meningkatkan serta mendukung kinerja bakteri baik di usus.

Meskipun konsumsi kafein memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menegaskan bahwa konsumsi kafein yang berlebihan bisa memberikan efek samping pada kesehatan.

Tidak hanya akan berpengaruh pada masalah kesehatan saja karena FDA juga menegaskan bahwa konsumsi kafein yang berlebihan bisa mengarah pada kematian.

Mayo Clinic kemudian menjabarkan beberapa efek samping konsumsi kafein lebih dari 4 cangkir per hari, seperti:
Sakit kepala, Insomnia, Rasa gugup,
Lebih sering buang air kecil atau ketidakmampuan untuk mengontrol frekuensi buang air kecil, Denyut jantung lebih cepat, Tremor otot.

Bahkan, Mayo Clinic menambahkan bahwa efek samping yang dirasakan akan semakin parah ketika sensitivitas terhadap kafein cukup rendah.

Untuk menghindari efek negatif kafein tersebut, FDA merekomendasikan untuk membatasi konsumsi kafein per hari sebesar 400 mg atau sekitar 4 hingga 5 cangkir per hari.

Namun jika Anda tidak terlalu terbiasa atau sensitif terhadap kafein, maka Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk tahu apakah Anda perlu mengurangi konsumsi kafein atau tidak.

Leave a Comment