Featured Nasional

Marsekal Hadi Tjahjanto Serahkan Jabatan Panglima TNI

Presiden  Joko Widodo melantik Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11) (foto: Puspen TNI)

Pewarta Satu — Serah terima jabatan (sertijab) Panglima TNI dari Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Jenderal TNI Andika Perkasa resmi digelar di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (18/11).

Serah terima jabatan dimulai pukul 08.40 WIB dengan keduanya memasuki lapangan upacara beriringan. Secara singkat, Hadi Tjahjanto menyerahkan panji Tri Dharma Eka Karma kepada Andika Perkasa setelah surat keputusan Presiden dibacakan.

Sesaat setelah prosesi tersebut selesai, keduanya bersama menandatangani naskah serah terima jabatan.

Kemudian, selepas penghormatan kepada panji Tri Dharma Eka Karma, Hadi dan Andika meninggalkan lapangan upacara bersamaan.

Usai sertijab, Hadi mendoakan Andika Perkasa agar lancar dalam menjalankan tugas barunya sebagai Panglima TNI.

“Adik saya Jenderal TNI Andika Perkasa, saya selalu berdoa untuk adik saya Jenderal TNI Andika Perkasa senantiasi diberikan kesehatan dan dapat melaksanakan tugas negara, tugas mulia dengan aman dan lancar,” kata Hadi.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/11) siang.

Andika mengisi posisi Panglima yang ditinggalkan Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun per November 2021.

Dengan aturan yang tertuang di Undang-Undang TNI saat ini, Andika hanya punya masa jabatan sekitar 13 bulan. Ia akan memasuki masa pensiun saat berusia 58 tahun pada November 2022.

Pelantikan Jenderal TNI Andika Perkasa dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 106/TNI/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta pada tanggal 17 November 2021. (CNN Indonesia/ram)

Leave a Comment