Aktual Kesra

Masjid Istiqlal Makin Terpancar Dan Megah

JAKARTA, PEWARTASATU.COM – 12 September 2020 – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berkunjung ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Kunjungan dilakukan dalam rangka bersilaturahmi sekaligus melihat hasil renovasi masjid.

Renovasi Masjid Istiqlal yang dilakukan sejak Mei 2019 telah selesai pada 22 Juli 2020 silam. Menurut pengamatan Menko Muhadjir, renovasi Masjid Istiqlal berjalan dengan baik dan telah mengubah wajah baru bagi Masjid terbesar di Asia Tenggara, sebagai masjid negara yang notabenenya menjadi lebih bagus.
.
Diakuinya, pada awalnya renovasi ditargetkan selesai April 2020. Namun akibat terjadi pandemi virus Corona, target penyelesaian jadi diundur hingga Juli, dan pada saat Hari Raya Idhul Adha kemarin sudah bisa digunakan.
.
Sekarang kita sudah bisa melihat Kemegahan dari Mesjid Istiqlal semakin cantik dan terpancar kemegahannya. Ini bukti kerja keras Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun Mesjid Istiqlal sampai rampung seperti sekarang ini.
Jika melihat kebelakang, renovasi pertama Mesjid Istiqlal dilakukan pada tahun 1978, pada saat itu Mesjid Istiqlal menjadi wajah baru bagi masjid terbesar di Asia Tenggara. Kemudian
pengerjaan renovasi besar besaran dikerjakan kembali di Mei 2019 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan total biaya 475 milyar.
.
Selesainya renovasi mesjid yang sudah berusia 42 tahun ini diumumkan Pesiden Djoko Widodo melalui akun twiternya Sabtu, 25/7/2020. “Setelah berdiri 42 tahun, mesjid Istiqlal kini berdiri lebih megah setelah renovasibesar besaran oleh Kementerian PUPR dengan biaya Rp. 475 milyar. Inilah wajah terbaru Mesjid Istiqlal, Mesjid terbesar di Asia Tenggara berkapasitas 200.000 jamaah itu “

Perubahan yang terlihat jelas pada Mesjid Istiqlal saat ini adalah kawasan sekitarnya ditata dengan rapi dan gerbangnyapun diperbaiki. Siapapun yang beribadah ke mesjid ini akan lebih nyaman dan, karena telah ada penambahan plaza plaza juga parkir bawah tanah yang akan memudahkan siapapun yang hendak menunaikan ibadah.
.
Begitu juga dengan Fasad bangunan, lantai, dinding, kusen jendela dan pintu, ruang wudhu, hinggap toilet telah direnovasi besar besaran. Interior mesjid pada shalat ruang utama sangat mewah, area vip dan kantor penguruspun diperbaiki besar. Maka jadilah Mesjid Istiqlal 42 tahun berdiri kini bersoleh lebih megah. (Maulina)

Related posts

3,2 Persen Pasien COVID-19 yang Meninggal karena Hipertensi

Maulina Lestari

Kemenparekraf Dorong Pelaku Usaha Wisata Selam di Labuan Bajo Terapkan CHSE

Maulina Lestari

Kemenparekraf Gelar Simulasi Wisata MICE dengan Protokol Kesehatan di Yogyakarta

Maulina Lestari

Leave a Comment