Aktual Kesra

Menteri PPPA Apresiasi Perempuan Pemenang Marketeers of The Year 2021

Jakarta, pewartasatu.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga menyampaikan apresiasi tinggi dan selamat kepada para perempuan pemenang penghargaan Marketeers of the Year 2021, termasuk Direktur Utama Pertamedika IHC, Fathema Djan Rachmat sebagai perempuan pertama yang meraih penghargaan Best of The Best Marketeer Indonesia 2021. Menteri Bintang berharap para perempuan pemenang terpilih dapat terus berkarya dan menjadi inspirasi bagi lebih banyak perempuan Indonesia, khususnya dalam memberdayakan perempuan dan mewujudkan kesetaraan gender.​

“Para perempuan pemenang Marketeers of the Year 2021, serta peraih Best of The Best Marketeer Indonesia 2021 sebagai pemenang perempuan pertama selama 16 tahun penghargaan ini dilaksanakan, merupakan contoh nyata bahwa perempuan memiliki kemampuan yang sangat baik untuk bertahan, menganalisis, mencari solusi, dan memunculkan strategi lebih baik di berbagai situasi dan sektor. Bahkan, ketika ruang dan kesempatan untuk mereka berkiprah masih sangat terbatas,” ungkap Menteri Bintang dalam MarkPlus Conference 2021 yang dilaksanakan secara hybrid (08/12).

Menteri Bintang menjelaskan peran perempuan sangatlah penting untuk mengantar bangsa ini terlepas dari situasi pandemi. Di masa pandemi ini, perempuan menjadi penyelamat ekonomi keluarga dan berperan besar dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Perempuan juga telah banyak berperan penting dalam melawan pandemi Covid-19 di berbagai daerah, baik sebagai garda terdepan, maupun berkontribusi di akar rumput melalui berbagai gerakan dan lembaga-lembaga masyarakat. Kepekaan yang dimiliki perempuan, membuatnya bisa lebih jeli dalam melihat situasi dan mengatur strategi saat menjadi bagian dari pemulihan pandemi Covid-19,” ujar Menteri Bintang.

Menteri Bintang menambahkan, hal tersebut sejalan dengan semangat yang digelorakan para perempuan peraih kemerdekaan. “Mereka lah yang menjadi inspirasi munculnya peringatan hari ibu, momentum dimana semua pihak diajak untuk merefleksikan semangat perjuangan para perempuan di masa lalu. Perempuan selalu hadir dan berperan aktif, serta berjuang dalam berbagai peristiwa besar di indonesia, hingga hari ini,” tutur Menteri Bintang.

Pada kegiatan Markplus Conference 2021, Menteri Bintang mengajak seluruh pihak untuk membuka ruang dan kesempatan yang lebih besar kepada para perempuan, serta turut mempromosikan dan mempraktikkan kesetaraan gender. “Hal ini bertujuan agar kesetaraan tidak hanya berdampak baik bagi kaum perempuan saja, tetapi juga seluruh pihak tanpa terkecuali. Besar tidaknya suatu bangsa akan sangat ditentukan oleh kualitas para perempuannya,” tegas Menteri Bintang.

Lebih lanjut, Menteri Bintang menyampaikan apresiasi kepada MarkPlus yang telah menginisiasi terselenggaranya kegiatan penghargaan ini, serta memberikan sumbangsih nyata melalui kolaborasi bersama Kemen PPPA dalam mendorong pemberdayaan perempuan di Indonesia, demi menciptakan Indonesia maju.

Senada dengan Menteri Bintang, Founder and Chairman MarkPlus, Inc, Hermawan Kartajaya mengungkapkan Direktur Utama Pertamedika IHC, Fathema Djan Rachmat merupakan perempuan pertama yang berhasil meraih penghargaan Best of The Best Marketeer Indonesia 2021 dalam 16 kali pemberian penghargaan Marketeers dilaksanakan. Hermawan berharap Fathema serta para perempuan peraih penghargaan Marketeer lainnya dapat memberikan inspirasi bagi seluruh perempuan Indonesia.

Hermawan juga berharap, ke depan penghargaan Marketeer dapat dimenangkan oleh lebih banyak perempuan, yang tentunya memiliki kualitas baik dan benar-benar layak menerima penghargaan untuk turut memulihkan perekonomian bangsa pasca pandemi.

Pada kesempatan yang sama, pemenang penghargaan dengan kategori Best of The Best Marketeer Indonesia 2021, Direktur Utama Pertamedika IHC, Fathema Djan Rachmat mengungkapkan transformasi digital merupakan hal penting yang diterapkan dirinya beserta jajaran dalam mengembangkan sistem pelayanan kesehatan Rumah Sakit (RS) untuk memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat di masa pandemi Covid-19 selama 2020-2021.

Fathema menerangkan transformasi digital merupakan suatu keharusan untuk menjawab berbagai tantangan dan menciptakan strategi kuat dalam menjalankan standarisasi pelayanan kesehatan saat ini. Tentunya, inovasi, profesionalisme, modern, serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan (humanis) merupakan hal yang selalu diterapkan dalam sistem pelayanan kesehatan yang dijalankannya.

Adapun para perempuan pemenang Marketeers of the Year 2021 untuk kategori The Best Industry Marketing Champion 2021, pada sektor insurance yaitu Chief Marketing Officer Allianz Indonesia, Karin Zulkarnaen; sektor logistics yaitu Chief Marketing and Coorporate SiCepat Express, Wiwin Herawati; sektor telecom services yaitu Presiden Director XL Axiata, Dian Siswarini; sektor hospital yaitu Direktur Utama Pertamedika IHC, Fathema Djan Rachmat; sektor retail yaitu Pendiri MS Glow, Shandy Purnamasari; sektor fast moving consumer goods (FMCG) yaitu Marketing Director Wafer and Candy PT Mayora, Fika Darana; serta kategori Enterpreneur Marketing Minister Award 2021 yang diraih Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

Penghargaan Marketeer of The Year yang digelar sejak 2006, diberikan MarkPlus Inc bersama Marketeers dan Indonesia Marketing Association sebagai bentuk apresiasi kepada para tokoh hebat di bidang pemasaran Indonesia. Penilaian ajang penghargaan tersebut dilakukan secara ketat oleh para juri yang terdiri dari petinggi MarkPlus Inc, jajaran direksi Indonesia Marketing Association, serta penerima penghargaan di tahun sebelumnya seperti Dahlan Iskan dan Ignasius Jonan.(Maulina)

Leave a Comment