Health

Penyebab Kaki Kapalan dan Cara Mengatasinya

JAKARTA, Pewartasatu.com – Bagian kulit kaki yang tiba-tiba mengeras atau sering disebut dengan kapalan sering membuat kita merasa tidak nyaman.

Kapalan di kaki sendiri letaknya bisa di bagian mana saja, termasuk di ruas kaki bagian dalam, tumit, hingga di ujung jari kaki.

Ternyata, menurut Medical News Today, bagian kulit kaki yang mengeras ternyata merupakan respon alami tubuh untuk melindungi bagian tersebut dari luka.

Penyebab kaki kapalan

Kapalan disebabkan oleh kulit yang mengeras dan bisa muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk kaki dan tangan. Melansir Healthline, kulit kapalan muncul karena adanya tekanan atau gesekan pada kulit secara terus-menerus.

Kulit yang mengeras tersebut merupakan bahwa kulit bekerja untuk melindunginya dari luka yang lebih parah. Menurut Medical News Today, ada beberapa penyebab kaki kapalan, seperti:

Menggunakan sepatu yang terlalu sempit, terlalu longgar, atau memiliki hak yang tinggi. Sepatu yang digunakan memiliki jahitan yang tidak rapi. Menggunakan kaos kaki yang tidak pas. Tidak menggunakan kaos kaki. Sering tidak mengenakan alas kaki. Menggunakan alat tertentu, seperti peralatan olahraga atau alat musik tanpa pelindung, Sering bersepeda, Faktor usia.

Memiliki masalah kaki lainnya, seperti hammer toe atau bunion. Sering berjalan di permukaan yang datar. Memiliki kaki rata. Selain beberapa penyebab tersebut, Cleveland Clinic juga menyebutkan bahwa berdiri, berjalan atau berlari akan memberikan tekanan pada telapak kaki sehingga juga akan menyebabkan kapalan.

Kondisi yang membuat kaki kapalan perlu diobati secara medis. Meskipun tidak akan mengancam nyawa, ternyata kaki yang kapalan akan membuat tidak nyaman dan sakit ketika disentuh.

Kaki yang kapalan sebenarnya bisa diobati sendiri dengan bahan-bahan yang bisa ditemukan dengan mudah di rumah.

Healthline merekomendasikan untuk mengobati kapalan dengan merendam kaki selama 10 menit untuk melembutkan kaki.

Kemudian, gunakan batu apung untuk menggosok-gosok area yang kapalan untuk membuang kulit mati dan diakhiri dengan pengaplikasian pelembap.

Namun, ketika pengobatan rumahan yang dilakukan ini tidak bisa menghilangkan kaki kapalan, maka Healthline menyarankan untuk ke dokter untuk melakukan pemeriksaan secara medis.

Tidak hanya itu saja, Healthline juga menyarankan untuk langsung pergi ke dokter ketika ada beberapa kondisi yang dialami, seperti:

Terdapat benjolan berwarna seperti daging dan memiliki tekstur kasar yang tumbuh dan terasa sakit. Berwarna merah dan terasa gatal. Ruam yang kemerahan dan menonjol. Bisul dan rambut rontok
Bernanah dan terasa sakit.

Anda yang memiliki diabetes juga perlu langsung berkonsultasi dengan dokter karena kaki yang kapalan bisa disebabkan oleh berkurangnya aliran darah pada area tersebut.

Leave a Comment