Aktual Featured Football

Qatar 2022: Samurai Biru Bungkam Der Panzer 2 – 1

Comeback dramatis Timnas Jepang. //Foto: Twitter

DOHA. Pewartasatu.com — Lagi, kejutan muncul pada babak awal Piala Dunia Qatar 2022, pada pertandingan penyisihan Gerup E, Rabu malam (23/11) yang dimulai pukul 21.00 WIB, Samurai Biru membungkam Der Panzer dengan skor 2-1.

Pertandingan Samurai Biru, sebutan untuk Tim Jepang, melawan Der Panzer Jerman dihelat di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar. Jerman lebih dulu unggul dengan memimpin 1-0 melalui tendangan penalti Ilkay Guendogan pada menit ke-33.

Namun, keunggulan itu ternyata berjalan tidak lama. Jerman tak mampu mempertahankan keunggulannya setelah gawangnya dijebol dua kali Ritsu Doan dan Takuma Asano.

Dari awal pertandingan berjalan dengan tempo tinggi.Tim Jerman bermain lebih ofensif.

Beberapa kali Der Panzer berhasil menembus pertahanan Samurai Biru.Namun, karena sistem pertahanan yang ketat dilakukan Tim Jepang, Thomas Muller dkk tak bisa menciptakan satu gol pun, selain penalti yang tercipta setelah David Raum dijatuhkan Suichi Gonda di kotak terlarang memasuki menit ke 25.

Sebelumnya, pada menit ke-7, Timnas Jepang berhasil mencetak gol lewat kaki Daizen Maeda melalui serangan balik yang begitu cepat. Namun sayang, gol Maeda dianulir karena off side.

Posisi 1 – 0 untuk Jerman yang tercipta melalui pinalti, sepertinya membuat Tim Jepang mengubah taktik permainan.
Tim Samurai Biru ini langsung menerapkan permainan terbuka untuk menyamakan kedudukan.

Daizen Maeda dan Takefusa Kubo beberapa kali berhasil menjadi ancaman serius pertahanan tim besutan Hansi Flick.

Sebaliknya, Timnas Jerman juga sesekali melancarkan serangan yang mengancam. Bahkan sempat menambah gol lewat Kai Havertz, namun gol dianulir karena offside. Akhir babak pertama, Jerman mengungguli Jepang 1-0.

Di babak kedua, Jepang lebih intens menyerang, walau tidak meninggalkan perhanannya yang begitu rapat sehingga Tim Jerman kesulitan untuk mencetak gol.

Pada menit ke 75, Jepang berhasil membangun serangan dan sukses membuahkan gol. Skor berubah menjadi 1-1.

Kebehasilan mengubah skor pada babak kedua ini, membangkitkan semangat tim Jepang. Mereka makin intens menekan pertahanan Jerman. Semangat gempur tersebut akhirnya sukses membalikkan kedudukan usai Takuma Asano menjebol gawang Manuel Neuer. Jepang unggul 2-1!

Kejutan Jepang menekuk Jerman ini, seakan sejalan dengan kesuksesan Arab Saudi membungkam Argentina. Dominasi Amerika Latin dan Eropa dalam sejarah piala dunia, agaknya mulai tergoyahkan semangat juang Asia. **

 

 

Leave a Comment