Daerah Ekonomi

SOKSI Gorontalo Siapkan Barista Andal

GORONTALO, Pewartasatu.com — Di tengah kondisi Pandemik Covid-19 yang mengakibatkan penurunan kondisi perekonomian secara nasional, Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) XXX SOKSI Provinsi Gorontalo membuat terobosan baru untuk menciptakan lapangan kerja baru bekerjsasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan.

Penciptaan lapangan kerja itu, diwujudkan dalam pelepasan peserta training inkubasi bisnis Profesi Barista Coffe & Cafe Nasional, Sabtu (10/10).

Ketua Depidar SOKSI Propinsi Gorontalo Dr Reyna Usman pada acara pelepasan itu mengatakan SOKSI menyedari bahwa melalui penciptaan start up dan wirausaha baru dapat menanggulangi pengangguran.

Sehingga diharapkan generasi muda yang akan mengikuti pelatihan tersebut kelak mampu menjadi wirausaha baru yang andal dan menciptakan lapangan kerja baru untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Reyna Usman juga meminta kesediaan Pemda Gorontalo bersedia menyediakan anggaran daerah dan fokus dalam program program peningkatan kompetensi profesi tenaga kerja di daerah.

Menanggapi hal itu Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo, Idris Rahim, selain berterima kasih kepada SOKSI Gorontalo, juga menyambut baik terobosan SOKSI tersebut dan berjanji akan memprioritaskan program-program untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Wagub juga berpesan kepada peserta pelatihan agar selalu berkomitmen bekerja keras untuk berusaha membangun perekonomian Gorontalo dan tidak henti-hentinya memotivasi diri dan fokus belajar dalam rangka meningkatkan keterampilan profesi kerja agar dapat bermanfaat memberikan penghasilan bagi diri sendiri dan keluarga.

Sekretaris Depidar SOKSI Gorontalo, Adi Pala dalam laporannya menyebutkan, calon peserta telah melalui serangkaian seleksi ketat dan memprioritaskan peserta yg telah memiliki cafe atau pekerja dan calon tenaga kerja pada usaha Resto and Cafe di Gorontalo.

Calon peserta juga telah diRapid test dan mengikuti Orientasi Pra Pemberangkatan oleh koordinator Irwan Hamzah yang telah memiliki pengalaman sebagai koordinator training inwall inkubasi bisnis.

Langkah ini sangat serasi dengan doktrin dan amanah pendiri SOKSI Almarhum Profesor Dr Suhardiman, di mana SOKSI harus melangkah menjadi Garda Terdepan dalam memperjuangkan visi misi karyawanisme demi kesejahteraan rakyat.

Calon peserta pelatihan Inkubasi Bisnis Profesi Barista Coffe & Cafe Nasional akan mengikuti pelatihan di Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja Dan Perluasan Kesempatan Kerja (BBPPK-PKK) Kemnaker RI di Lembang pada 12 -18 Oktober 2020. (opa)

Related posts

MHI Dan Perusahaan Tidak Berimbang

Hasyim Husein

PASANGAN CABUP CAWABUP ISKANDAR ALISYAHBANA-AHMAD AGUS WARDANA RESMI NDAFTAR KE KPUD

ahmad

Bahas UMKM, Senator Aceh Temui Ketum Kadin Indonesia

Redaksi

Leave a Comment