Aktual Featured Komunitas Nasional

Waspada !! La Nina Ancam Indonesia

JAKARTA, Pewartasatu.com Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat di setiap daerah tetap wasapda agar mempersiapkan segala sesuatunya dalam menghadapi fenomena La Nina.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan, Minggu (11/10) mengatakan fenomena La Nina yang dihadapi Indonesia kali ini dapat berdampak pada potensi bahaya hidrometeorologi yang lebih buruk.

Kesiapsiagaan harus dilakukan di setiap tingkatan di seluruh daerah. Dia meminta camat, lurah, kepala desa hingga RT untuk menyiapkan lokasi aman bagi warganya jika terjadi fenomena La Nina.

“Pastikan tempat evakuasi sementara dapat digunakan, setiap daerah rawan bencana harus miliki tempat evakuasi sementara,” kata dia.

Dia juga meminta agar setiap pejabat di daerah untuk memastikan lokasi evakuasi sementara tersebut aman digunakan. Namun dia juga menegaskan untuk tetap menjalani protokol kesehatan di tempat-tempat evakuasi.

“Identifikasi rumah aman yang dapat digunakan sebagai tempat evakuasi sementara. Jangan sampai tempat evakuasi menjadi kluster baru Covid-19,” kata Lilik.

Meskipun demikian Lilik meminta tidak panik dan berharap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyampaikan informasi akan terjadinya fenomena La Nina kepada kepala daerah dan seluruh masyarakat secara hati-hati.

“Sosialisasikan informasi kepada masyarakat dengan bijak, jangan menakuti-nakuti,” kata Lilik.

Lilik mengatakan, gunakan bahasa yang mudah dipahami untuk menerjemahkan informasi cuaca sehingga pesan sampai pemangku kepentingan di tingkat kecamatan maupun masyarakat. Lilik juga mengimbau setiap keluarga untuk mengidentifikasi risiko bencana yang ada di sekitar. (opa)

Related posts

Keluarga Semakin Terdampak Covid-19, Ini Arahan Presiden Kepada Menteri Bintang

Maulina Lestari

Dukung Modem 5G, Samsung Siapkan Galaxy A42 Dengan Harga Terjangkau

Diana Sari

Qualcomm Hadirkan Snapdragon 865 Plus Khusus Gaming

Diana Sari

Leave a Comment