Ekonomi Papua Membangun

PAD Papua Meningkat 70 Persen Dibanding Tahun Sebelumnya

JAYAPURA, Pewartasatu.com — Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi Papua, Setiyo Wahyudi mengatakan Pemerintah Provinsi Papua mendapat penghargaan realisasi PAD tertinggi untuk 2021.

Penghargaan akan menjadi pecut dan penyemangat bagi pihaknya di Papua untuk terus berupaya meningkatkan PAD Papua di tahun ini, Ujarnya kata Rabu 8 Juni 2022.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menganugerahi Pemprov Papua sebagai salah satu daerah dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tertinggi tahun anggaran 2021.

Kendati tak sendiri menerima penghargaan, keberhasilan Pemprov Papua meraih penghargaan diyakini bakal mendorong peningkatan PAD 2022.

Kontribusi terbesar peningkatan PAD Papua di tahun anggaran 2021, berasal dari Pajak Air Permukaan (PAP) PT. Freeport Indonesia.

Sementara realisasi PAD Papua di tahun anggaran 2022 ini, berpotensi melewati target yang dibebankan, yakni senilai Rp1,312 triliun.

“Pasca Pandemi COVID-19, perekonomian Papua mulai membaik hingga berimbas pasa pendapatan asli daerah di Papua yang ikut membaik pula. Diharapkan ada tambahan nilai pada di tahun ini,” tutur Setiyo.

Realisasi PAD Papua pada tahun anggaran 2021 mencapai Rp2,139 triliun dari target sebesar Rp1,977 triliun atau naik 70 persen sdibandingkan realiasi PAD 2020. (**)

Leave a Comment